Monday, April 11, 2016

Sepatu Mesin Jahit (Presser Foot)

foto diambil dari sini 

Ada banyak macam dari sepatu mesin jahit. Ada :Walking foot, Quilting Foot, Rolled Hem Foot, Bias Tape Foot, Teflon foot, Ruffler foot, dan lain sebagainya.

Bagi penjahit, menginginkan untuk memiliki semua sepatu-sepatu tersebut tidaklah dilarang, hanya saja sesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika kita hanya menjahit pakaian tidur anak atau baju-baju santai, tidak perlu memiliki semua sepatu-sepatu tersebut. Menurut saya, alih-alih daripada sibuk berbelanja sepatu, lebih baik meningkatkan kemampuan dalam menjahit. Sehingga kita akan berfikir berkali-kali dulu sebelum memutuskan untuk membeli sepatu jahit.

Tapi dari sekian banyak sepatu mesin jahit, sepatu yang paling dasar yang benar-benar harus dimiliki ada 4 macam, yaitu: zigzag foot, zipper foot, button hole foot, sepatu sebelah, sepatu semi obras. Berikut penjelasannya.

1. Zigzag Foot/ Standar Foot 
Sepatu jenis ini biasanya masuk dalam satu set pembelian mesin. Sepatu ini sangat penting, karena dengan sepatu ini kita bisa menjahit dengan tipe jahitan lurus, zigzag, menjahit di bahan tebal maupun tipis.
Foto Diambil dari sini

2. Zipper foot (sepatu retsleting) 
Untuk menjahit retsleting memang diperlukan sepatu khusus. Karena dengan Standar foot jahitan tidak bisa menjangkau ke dekat gerigi ziper. Sedangkan zipper foot bisa menjangkaunya, karena bagian bawah ziper foot agak naik ke atas sehingga bisa diletakkan di atas ziper.

Zipper Foot 

Sedangkan untuk menjahit retsleting jepang dibutuhkan sepatu yang berbeda lagi. Memang ditoko2 yang menjual aksesoris mesin jahit terdapat sepatu khusus retleting jepang, tapi jika dulu anda memiliki mesin jahit hitam konvensional, sepatu di bawah ini pastilah tidak asing lagi. Namanya Sepatu Sebelah. Sepatu sebelah ini bisa menjangkau ke tempat yang sangat dekat dengan dengan gerigi ziper, hingga retsleting tidak terlihat dari luar.

Sepatu Sebelah 

 3. Buttonhole Foot
Buttonhole foot

Dahulu, pada tipe mesin jahit konvensional, bila kita ingin membuat rumah kancing, yang kita lakukan adalah mengukur kancing pada kain yang ingin kita buat rumah kancingnya, lalu kain tersebut kita gunting seukuran kancing lalu setelah itu kita jahit pinggirannya. Namun sekarang, pada mesin jahit portable, hal tersebut tidak perlu kita lakukan lagi. Karena dengan sepatu rumah kancing, membuat rumah kancing bisa selesai dengan cepat. Yang perlu kita lakukan hanyalah tinggal mengganti sepatu pada mesin jahit, lalu letakkan kancing pada bagian ujung belakang sepatu, tandai kain yang ingin dibuat rumah kancing, lalu jahit. Viola.....rumah kancing dapat terbentuk sempurna.

4. Overlock Foot (Sepatu Semi Obras)



foto diambil dari sini

Jika anda memiliki mesin jahit portable, biasanya dilengkapi dengan aplikasi semi obras pada jenis jahitannya. Seperti ini :
Tetapi aplikasi ini, tidak akan bisa bekerja sempurna jika tidak dilengkapi dengan sepatu semi obras. Sepatu ini cukup berguna bagi penjahit pemula yang belum berfikir untuk melengkapi sewing room nya dengan mesin obras.

Itulah sedikit pembahasan mengenai sepatu mesin jahit.

No comments:

Post a Comment